image_pdfimage_print

PELAJARAN TAUHID : Kajian Kitab Tsalatsatul Ushul (Bagian 6)

Penulis berkata,

الرابعة: الصبر على الأذى فيه.

Keempat: Bersabar atas gangguan di dalamnya.

…………………………………..


PENJELASAN:

[ Keempat: BERSABAR ATAS GANGGUAN PADANYA: ]
Permasalahan yang keempat ini kembalinya kepada poin sebelumnya, yaitu mendakwahkan ilmu yang telah dipelajari dan diamalkan. Walaupun pada hakekatnya, kesabaran sangat dibutuhkan ketika mempelajarinya, mengamalkannya, dan mendakwahkannya.

 

Arti “Sabar” secara bahasa adalah menahan diri, yaitu menahan diri dari tiga perkara:

  • Bersabar tatkala melakukan ketaatan.
  • Bersabar ketika meninggalkan kemaksiatan.
  • dan bersabar disaat mendapati takdir yang tidak baik (menurutnya).

 

Sehingga seorang penuntut ilmu harus bersabar ketika mempelajari ilmu, tanpa kesabaran sangat mustahil dia akan meraih ilmu yang dipelajari.

Demikian pula orang yang mengamalkan ilmunya butuh kesabaran, tanpa kesabaran dia tidak akan bisa istiqomah didalam mengamalkan ilmunya.

Dan orang yang berdakwah sangat butuh kepada kesabaran. Karena pasti ia akan berhadapan dengan orang-orang yang berusaha menjegal laju dakwahnya.

Para Rasul yang Allah utus untuk berdakwah kepada kaumnya juga tidak lepas dari gangguan dengan bentuk yang beraneka ragam. Ada yang sekadar cemoohan, gunjingan, dan menyematkan gelar yang buruk. Hingga kepada pengusiran, penyiksaan fisik, dan ada juga yang sampai dibunuh.

dan penentangan tersebut tidak hanya mereka rasakan dari orang-orang tidak ada hubungan kekerabatan. Bahkan orang yang dekat nasabnya sekali pun ikut memusuhi dan memerangi mereka.

Apabila seseorang dapat bersabar di dalam mencari ilmu, mengamalkannya, dan, mendakwahkannya. Maka dia akan merasakan manisnya hasil dari usahanya tersebut.

Sehingga, pembukaan syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab dalam kitab Tsalatsatul Ushul ini sangat penting untuk selalu kita ingat. Wallahu a’lam bish showwab.

Ikuti terus pelajaran Tsalatsatul Ushul (ثلاثة الأصول) setiap hari senin dan kamis

 

Dirangkum Oleh: Abu Rufaidah Abdurrahman

=================

Pelajaran ini diterbitkan oleh Channel telegram warisan salaf

https://telegram.me/warisansalaf/165