image_pdfimage_print

tajwidSesungguhnya ilmu yang membahas tentang Al-Qur’anul Karim, baik  menghafal, memahami, dan membacanya adalah ilmu yang paling mulia dan paling afdhal. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya” (HR. Al-Bukhari dari Utsman bin Affan)

Beliau juga bersabda, “Sesungguhnya Allah mengangkat dengan Al-Qur’an ini suatu kaum dan menghinakan dengannya suatu kaum yang lain.” (HR. Muslim dari Umar bin Khattab)

oleh karena itu kita melihat para ulama’ sangat antusias dalam mempelajari, mengajarkan, dan menulis buku-buku Al-Qiro’at dan Tajwid dan mereka menyebarkannya ke tengah umat.

Bahkan, banyak dari ulama’ yang berpendapat wajibnya mempelajari ilmu tajwid karena banyak ayat alqur’an dan hadits nabi yang menunjukkan kepada hal tersebut. Di antaranya adalah firman Allah, “Dan bacalah Al-Qur’an secara tartil.” (QS. Al-Muzammil:4)

Dalam ayat yang lain disebutkan, “Orang-orang yang telah kami berikan kepada mereka al-kitab dan mereka membacanya dengan bacaan yang benar. mereka itulah orang yang benar-benar beriman kepada kitab tersebut.” (QS. Albaqarah:91)

Nah bagi teman-teman yang ingin mengetahui ilmu tajwid lebih dalam bias mempelajarinya melalui tulisan yang bisa didownload melalui link di bawah ini:

LOGO PDF